Minggu, 21 Maret 2010

7 Bahan Alami Atasi Jerawat

PUBERTAS biasanya tak akan lepas dari jerawat. Bahkan, sekitar enam dari sepuluh orang yang berusia antara 12 hingga 24 tahun menderita jerawat. Masalah kulit satu ini tidak membahayakan kesehatan tetapi bisa mengurangi rasa percaya diri, khususnya di usia muda dimana orang cenderung sensitif dengan penampilannya. Bagaimana cara mengatasinya? Tentunya Anda bisa menggunakan berbagai variasi obat luar seperti salep atau pil yang tersedia di apotik. Tidak hanya itu, Anda juga bisa mencoba beberapa pengobatan alami yang dinyatakan efektif berdasarkan pengalaman.

Berikut beberapa pengobatan alami yang bisa Anda coba:

Vitamin

Niacin dan vitamin A merupakan dua vitamin yang digunakan secara luas dan terbukti efektif mengatasi jerawat. Untuk mendapatkan hasil maksimal, Anda dianjurkan mengonsumsi 100 mg niacin, 3 kali sehari, dan 50.000 internasional unit (IU) vitamin A, 3 kali sehari. Selain itu, bisa juga ditambah dengan 400 mg vitamin E, sekali sehari. Teruskan terapi penggunaan vitamin ini selama satu bulan.

Seng

Seng terbukti menunjukkan hasil yang dramatis pada beberapa kasus. Konsumsilah 50 mg seng, 3 kali sehari. Anda bisa menggunakan seng yang dalam bentuk tablet atau kapsul. Anda dianjurkan untuk menggunakan dosis 50 mg sehari selama sebulan hingga melihat adanya perbaikan. Selanjutnya kurangi dosis menjadi 25 mg.

Kulit jeruk

Berdasarkan pengalaman pasien, kulit jeruk terbukti efektif dalam mengatasi jerawat. Caranya, haluskan kulit jeruk dan oleskan ke area yang berjerawat.

Lemon

Penggunaan lemon merupakan salah satu cara paling mudah. Oleskan air dari lemon secara teratur ke area yang berjerawat. Cara ini terbukti efektif.

Bawang putih

Bawang putih dinyatakan efektif meredakan jerawat. Makanan satu ini bahkan terbukti bisa menyembuhkan jerawat yang parah sekali pun. Haluskan bawang putih kemudian oleskan ke area yang berjerawat beberapa kali dalam sehari. Penggunaan bawang putih dari luar membantu meredakan dan menghilangkan bekas jerawat. Untuk penyembuhan selanjutnya, konsumsilah 3 siung bawang putih mentah sekali sehari selama sebulan. Cara ini membantu memurnikan darah dan memastikan pembersihan jerawat sepenuhnya.

Jus ketumbar dan mint

Haluskan satu sendok teh ketumbar dengan sejumput tepung kunyit. Selanjutnya oleskan ke seluruh wajah setelah dibersihkan, sebelum tidur. Selain itu, daun mint juga bisa dihaluskan dan digunakan dengan cara yang sama. Kedua cara ini dinyatakan efektif mengatasi jerawat.

Ketimun

Tempelkan ketimun yang telah diparut ke wajah, mata, dan leher dan biarkan selama 15-20 menit. Cara ini terbukti efektif mencegah dan mengatasi jerawat, khususnya jika dilakukan secara teratur. (OL-08)

sumber : http://www.mediaindonesia.com/mediahidupsehat/index.php/read/2009/08/14/1516/11/Tujuh-Bahan-Alami-Atasi-Jerawat

0 komentar:

Posting Komentar

 
mystory Design by: Yanmie at Permata Hatiku