Minggu, 21 Maret 2010

Jangan Anggap Enteng Kemangi

Kemangi atau basil dalam bahasa Inggrisnya, mempunyai harum yang khas sehingga sering digunakan untuk masakan, seperti lalapan mentah. Aroma wangi daun kemangi memang mengundang selera makan serta menyegarkan bau mulut. Selain melezatkan hidangan, rupanya daun kemangi berperan menyuburkan sperma dam meningkatkan kualitas sperma.

Daun kemangi mengandung senyawa arginine yang terbukti mampu memperkuat masa hidup sperma, mencegah kemandulan dan menurunkan gula darah. Kemangi juga mengandung zat yang mampu merangasang terbentuknya hormone androgen dan estrogen.

Manfaat kemangi tidak berhenti sampai di sini, zat flavonoid sperti cineole, myrcene dan eugenol mempunyai manfaat sebagai antibiotik alami dan anti peradangan. Kemangi juga kaya akan betakaroten dan magnesium, mineral panting yang berfungsi menjaga dan memelihara kesehatan jantung.

Selain itu, minyak esensial dari kemangi terbukti menghambat pertumbuhan bebebrapa jenis bakteri termasuk bakteri yang kebal antibiotic. Minyak kemangi telah terbukti mengahambat pertumbuhan dan penyebaran staphylococcus, entericcus, pseudomonas, bakteri e. coli dan jenis lainnya.

Eugenol, yang terkandung dalam minyak kemangi, mempunyai efek antiperadangan dengan cara menghambat enzim cylooxygenase. Aspirin dan ibuprofen juga bekerja dengan menhambat hormone ini. Jadi, kemangi mempunyai menfaat penyembuh dan bias meredakan gejala – gejala gangguan peradangan, seperti radang sendi dan peradangan usus.

0 komentar:

Posting Komentar

 
mystory Design by: Yanmie at Permata Hatiku