Senin, 01 November 2010

Tugas Kelompok Keamanan Komputer

KRIPTOGRAFI
Nama Kelompok:
Aji Widhi Wibobo (10107114)
Debby Sisca K (10107430)

Pendahuluan

Kriptografi telah dikenal sejak lama. Pada saat Raja Romawi Julius Caesar hingga saat Perang Dunia, komunikasi antar jendral, unit tempur, dan mata-mata dienkripsi untuk mencegah kebocoran rencana strategi perang kepada musuh. Saat ini, enkripsi seringkali tidak kita sadari ada di sekitar kita. Misalnya pada saat bertransaksi di ATM, e-banking, bahkan pada saat kita login di komputer kita juga menggunakan enkripsi password.


Pengertian

Kriptografi adalah studi yang mempelajari tentang enkripsi / menyembunyikan informasi. Hal ini dilakukan dengan cara merubah informasi ke dalam bentuk lain yang tidak dapat dimengerti oleh manusia pada umumnya. Informasi sebelum dikirim kepada penerima akan dikenakan operasi tertentu (enkripsi) yang membuat informasi menjadi berbeda sekali dengan aslinya kemudian dikirimkan dan setelah sampai pada penerima akan dilakukan pembalikan operasi (dekripsi) yang dikenakan pada informasi sehingga informasi tersebut akan kembali seperti aslinya.

Enkripsi merupakan proses merubah bentuk informasi menggunakan cara tertentu yang membuat infromasi tersebut dapat terbaca oleh orang-orang yang tidak berwenang. Orang yang tidak berwenang ini diasumsikan sebagai orang yang tidak memiliki pengetahuan tertentu untuk membaca informasi terenkripsi. Kebalikan dari enkripsi adalah dekripsi yang merubah bentuk informasi yang telah dienkripsi menjadi dapat kembeli dibaca seperti semula.

Manfaat dari enkripsi adalah agar informasi yang akan dikirimkan terjaga kerahasiannya dan nantinya hanya dapat dimengerti oleh si penerima yang dituju oleh pengirim tanpa terjadi kebocoran informasi di tengah perjalanan.


Algoritma Enkripsi

Dalam proses enkripsi dan dekripsi saat ini digunakan key tertentu agar informasi dapat dirubah dan dikembalikan persis sama seperti bentuk aslinya untuk itu diperlukan key di dalam prosesnya. Ada dua jenis algoritma enkripsi pada umumnya yaitu:
 Symmetric-key Encryption
 Public-key Encryption

Perbedaan mendasar pada kedua algoritma enkripsi tersebut terletak pada key yang digunakan. Symmetric-key encryption menggunakan hanya satu key untuk melakukan enkripsi dan dekripsi sedangkan public-key encription menggunakan key yang berbeda untuk melakukan enkripsi dan dekripsi.

Symmetric-key Encription Algorithm

Symmetric-key Encryption menggunakan key yang sama dalam melakukan enkripsi dan dekripsi.


Pada gambar 1 di atas menunjukkan symmetric-key pada proses enkripsi dan dekripsi yang digunakan adalah sama. Informasi akan tetap aman selama symmetric-key yang digunakan hanya diketahui oleh pengirim dan penerima saja. Kelebihannya, informasi dapat kembali didapatkan oleh penerima dengan mudah hanya dengan mengetahui symmetric-key saja. Namun, resikonya siapapun yang mengetahui symmetric-key tersebut maka juga bisa mendapatkan infromasinya. Contoh program aplikasi yang menggunakan algoritma ini untuk enkripsi dan deskripsi adalah TrueCrypt, Aloaha, BestCrypt, CrossCrypt, Private Disk.

Public-key Encryption Algorithm

Public-key Encription tidak seperti symmetric-key encryption yang menggunakan key yang sama untuk enkripsi dan dekripsi, tetapi menggunakan key yang berbeda untuk melakukan enkripsi dan dekripsi. Pada jenis enkripsi ini dikenal dua buah key yaitu public-key dan private-key. Public-key boleh dengan bebas diinformasikan oleh seseorang (si penerima) kepada siapapun. Sedangkan private-key adalah khusus diketahui oleh si penerima dan tidak boleh diketahui orang lain. Si pengirim informasi memiliki key untuk melakukan enkripsi yang disebut dengan public-key sedangkan si penerima memiliki key sendiri untuk melakukan dekripsi yang disebut dengan private-key.


Gambar 2 memperlihatkan proses enkripsi dilakukan olen pengirim dengan menggunakan public-key. Public key di sini adalah public-key milik penerima. Jadi sebelumnya si penerima sudah terlebih dahulu memberitahukan public-key miliknya kepada si pengiri untuk melakukan enkripsi. Kemudian setelah informasi yang dienkripsi diterima selanjutnya dilakukan proses dekripsi dengan mempergunakan private-key milik penerima yang hanya dia sajalah yang tahu. Program aplikasi yang menggunakan algoritma public-key encryption adalah PGPDisk, GNU Privacy Guard, Gpg4win, Claws Mail, Mutt, Psi, MCabber.


***





Sumber:
http://docs.sun.com/source/816-6154-10/contents.htm
http://en.wikipedia.org/wiki/Cryptography
http://en.wikipedia.org/wiki/Public-key_cryptography
http://en.wikipedia.org/wiki/Symmetric-key_algorithm

0 komentar:

Posting Komentar

 
mystory Design by: Yanmie at Permata Hatiku